Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Merasa Lelah? Lakukan Peregangan Tubuh

Kamis 11 August 2016 08:31 WIB

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Lelah bekerja (ilustrasi)

Lelah bekerja (ilustrasi)

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID,   Banyak orang yang merasa lelah dan membutuhkan sedikit waktu untuk meregangkan tubuh. Hal ini biasanya terjadi ketika duduk terlalu lama atau melakukan aktivitas melelahkan lainnya.

Peregangan adalah tindakan fisik atau latihan di mana otot tertentu atau tendon dalam tubuh ditekuk atau diregangkan. Tujuannya adalah meningkatkan fleksibilitas atau melegakan rasa kaku di bagian-bagian tertentu.

Cara ini dianggap dapat mengembalikan tubuh menjadi lebih nyaman. Selain itu, peregangan juga dapat dilakukan sebelum dan setelah berolahraga. Kebanyakan atlet dan orang yang berolahraga melakukan peregangan yang bertujuan untuk lebih santai.

    

Dilansir Boldsky, berikut beberapa manfaat melakukan peregangan setiap hari.

    

Memberikan energi dan stamina

Peregangan dapat membuat seseorang menjadi lebih aktif dan berenergi. Ajaibnya, kegiatan ini dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh hanya dalam beberapa gerakan.

    

Meningkatkan keseimbangan

    

Sebuah studi mengatakan bahwa peregangan dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Cara ini juga dapat membuat seseorang lebih fleksibel dan mampu mengendalikan gerakan tubuh.

    

Mengurangi nyeri

    

Peregangan pada area tertentu pada tubuh seperti punggung, leher, bahu dan lainnya dapat mengurangi sakit di daerah tersebut.

Menurunkan gula darah

    

Menurut beberapa penelitian, peregangan secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat mencegah diabetes.

    

Mengurangi stres

    

Peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan juga melemaskan otot-otot dalam sekejap. Sehingga cara ini dianggap dapat menangkal stress.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA