Selasa 09 Aug 2016 19:08 WIB

Jangan Abaikan Tanda-Tanda Penderita Tumor Otak Berikut

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Sakit kepala
Foto: Health
Sakit kepala

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan penyakit menunjukkan gejala-gejalanya sebelumnya. Ketika terinfeksi virus flu, setiap orang pasti mengalami gejala seperti demam, pilek, dan lainnya. Gejala-gejala tersebut memudahkan pasien untuk berobat dan melakukan pencegahan agar penyakit tidak menjadi serius.

Namun, ada juga beberapa penyakit mematikan yang tidak menunjukkan gejala awalnya. Hal ini membuat penderitanya tidak menyadari kondisinya sampai berada di tahap yang serius.

Salah satu penyakit yang dimaksud adalah tumor otak. Dilansir Boldsky, berikut beberapa pertanda dari seseorang yang mengalami tumor otak. Bagi yang merasa mengalaminya disarankan untuk tidak mengabaikan dan segera merujuk ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sakit kepala

Memang sulit membedakan antara sakit kepala biasa dan sakit kepala akibat tumor. Bahkan para profesional juga sulit membedakannya. Jadi, lebih baik memeriksakan kondisi tubuh ketika sering mengalami sakit kepala.

Penglihatan kabur

Penglihatan yang kabur dapat dikaitkan dengan stres atau ketegangan pada mata. Hal ini yang mengarah pada salah satu pertanda dari tumor otak.

Berbicara melantur

Tumor otak mempengaruhi lobus frontal otak. Penderitanya cenderung mengalami kesulitan dalam berbicara, dan mungkin tampak mengalami gagap saat berbicara.

Suasana hati yang berubah

Penderita tumor otak dapat mengalami gejala seperti depresi, agresif, kecemasan dan perilaku impulsif. Hal ini terjadi karena perubahan yang terjadi di otak oleh zat kimia tertentu.

Kehilangan sedikit pendengaran

Seorang pasien tumor otak cenderung mengalami gangguan pendengaran. Banyak orang yang mengabaikan gejala ini.

Kehilangan keseimbangan

Tumor otak memengaruhi otak kecil. Hal ini berpengaruh pula pada keseimbangan tubuh, koordinasi dan gerakan. Penderitanya cenderung akan mengalami kesulitan  berjalan, bermain, berolahraga, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement