Sabtu 06 Aug 2016 10:31 WIB

Penuhi Kebutuhan Kalsium Anak dengan Cara Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Buah dicampur dengan yogurt, trik untuk memudahkan anak makan buah
Foto: Boldsky
Buah dicampur dengan yogurt, trik untuk memudahkan anak makan buah

REPUBLIKA.CO.ID, Kalsium memiliki peran penting dalam perkembangan tulang anak. Zat ini sangat cocok untuk dikonsumsi anak di usia pertumbuhan. Manfaatnya adalah untuk memperkuat gigi dan tulang.

Selain itu, kalsium juga berguna untuk meningkatkan fungsi otot, saraf, pembekuan darah dan mensekresi enzim tertentu. Dari pembahasan di atas, sangat jelas jika kalsium sangat dibutuhkan oleh anak-anak di usia satu hingga tiga tahun.

Setidaknya mereka memerlukan 700 mg kalsium setiap harinya. Pada usia empat sampai delapan tahun mereka membutuhkan 1.000 mg kalsium. Untuk para orang tua, tidak perlu khawatir dalam menghitung jumlah kalsium yang harus diberikan pada sang buah hati. Melalui Boldsky, beberapa pola makan berikut dapat diterapkan agar kalsium anak sesuai dengan kebutuhannya.

Caranya adalah jika ingin memberikan salad buah pada anak, campurkan beberapa yoghurt di dalamnya. Selain untuk merubah rasa menjadi lebih lezat, yoghurt memberikan banyak kalsium yang dibutuhkan.

Selanjutnya, biarkan anak bermain di bawah sinar matahari. Sinar matahari kaya akan vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Namun, hindari kegiatan di bawah sinar matahari pada jam-jam rawan seperti 12 siang.

Lalu pilihlah roti yang mengandung banyak kalsium saat sedang berbelanja. Saat menghidangkan jus pada anak, tambahkan beberapa bubuk susu di dalamnya. Ini dapat meningkatkan nilai gizi pada tubuh sang buah hati.

Jika ingin memberikan suplemen kalsium pada anak, disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter. Hal ini karena terlalu banyak kalsium justru dapat menyebabkan batu ginjal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement