Rabu 20 Jul 2016 08:35 WIB

5 Alasan Berat Badan yang Cepat Turun tak Sehat

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Menurunkan berat badan
Foto: pdpics
Menurunkan berat badan

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang berdiet mungkin merasa senang jika berat badan mereka turun dengan cepat. Padahal berat badan yang turun dengan cepat biasanya tidak akan bertahan dengan lama.

Di samping itu, berat badan yang turun dengan cepat juga menyimpan potensi yang tidak menyehatkan. Berikut ini ialah lima alasan tak menyehatkan di balik berat badan yang turun dengan cepat dilansir dari Straight Health.

Terlalu Banyak Perubahan

Menurunkan berat badan dalam kecepatan normal, yaitu 500 gram hingga 1 kg per minggu, membutuhkan banyak perubahan. Beberapa diantaranya ialah pengurangan asupan kalori, penambahan aktivitas fisik hingga mengurangi frekuensi menyantap makanan kesukaan.

Orang yang menjalankan diet sehat akan memberikan waktu kepada tubuhnya beberapa minggu untuk mulai terbiasa dengan perubahan tersebut. Akan tetapi, ketika seseorang menurunkan berat badan lebih dari 1 kg per minggu, tidak ada waktu untuk tubuh beradaptasi dengan banyak perubahan.

Sebaliknya, besar kemungkinan perubahan mendadak ini akan membuat orang tersebut terdorong untuk mengabaikan diet karena tubuhnya mendapat tekanan yang terlalu berat.

Tidak Cukup Makanan

Seseorang yang ingin menurunkan berat badan lebih cepat juga biasanya akan membatasi makanan hingga sangat sedikit. Padahal untuk menurunkan 2 kg dalam satu minggu dibutuhkan pengurangan 2.000 kalori dari total kalori yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya tubuh membutuhkan 3.000 kalori per hari, maka seseorang yang ingin menurunkan badan dengan cepat sebanyak 4 pon per hari hanya dapat mengonsumsi 1.000 kalori per hari saja. Terlalu banyak memotong asupan kalori dapat memberi pengaruh negatif yang menyebabkan melambatnya metabolisme tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement