Rabu 06 Jul 2016 09:01 WIB

8 Tips Cegah Penyakit Setelah Lebaran

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mohon maaf lahir dan batin (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Mohon maaf lahir dan batin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Praktisi Klinis dan Pengamat Kesehatan, Dr Ari Fahrial Syam mengatakan minggu pertama-pertama setelah Lebaran banyak pasien yang datang ke unit gawat darurat  rumah sakit.

“Biasanya karena diare serta berbagai penyakit kronis yang mengalami kekambuhan, mulai dari hipertensi yang tidak terkontrol bahkan sampai stroke atau serangan jantung serta  gula darah yang tidak terkontrol,” jelasnya kepada Republika.co.id.

Karena itu, menurutnya, antisipasi dengan berbagai penyakit setelah Lebaran merupakan hal yang penting. Kita harus selalu ingat bahwa rangkaian Lebaran dengan berbagai aktivitas akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Begitu juga proses mudik dan balik dari mudik merupakan rangkaian perjalanan yang melelahkan.

“Istirahat cukup dan kasih waktu untuk beristirahat satu hari sebelum melaksanakan kerja rutin,” sarannya.

Selain itu, tetap memperhatikan untuk  membatasi makan yang terlalu asin atau terlalu manis.  Banyak minum apalagi dengan kondisi kemarau saat ini, kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan. “Sehingga pada saat harus beraktivitas kembali pasca Lebaran tetap berada dalam keadaan sehat wal'afiat,” ujarnya.

Ada delapan tips sehat antisipasi penyakit setelah Lebaran. Yaitu perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori. Usahakan hanya mengkonsumsi satu macam lauk saja. “Jika merasa camilan (kue Lebaran)  dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar,” tambahnya.

Selain itu, hindari camilan yang mengandung cokelat, keju dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar dua kali lebih dari karbohidrat.

Banyak minum lebih dari dua liter per hari. Banyak konsumsi buah dan sayur-sayuran, diusahakan lima porsi saat makan pagi, siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut.

Ia juga mengingatkan agar Anda tetap melakukan aktivitas olah raga atau bergerak, jika silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan usahakan lakukan dengan berjalan. Serta usahakan tidur minimal enam jam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement