Ahad 03 Jul 2016 00:02 WIB

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Tidur

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Menonton televisi sebelum tidur diyakini mengganggu tidur hingga menghilangkan kualitas tidur.
Foto: pexels
Menonton televisi sebelum tidur diyakini mengganggu tidur hingga menghilangkan kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur yang berkualitas tak hanya memberikan dampak positif bagi suasana hati tetapi juga pada daya ingat hingga produktivitas. Hanya saja, berbagai gangguan sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur seseorang.

Agar terhindar dari tidur yang tidak berkualitas, ada baiknya Anda menghindari enam hal ini sebelum tidur seperti dilansir My Domaine.

Mengisi Baterai Ponsel di Kamar

Ahli patologi tidur Sharon Moore mengatakan salah satu kesalahan paling umum yang mengurangi kualitas tidur seseorang ialah mengisi baterai ponsel di kamar tidur. Ahli yang telah menangani masalah tidur selama 36 tahun ini mengatakan ponsel mengelarkan sinar biru dari layar yang dapat 'mematikan' hormon melatonin dan membangunkan otak. Meski dalam posisi //stand by//, pancaran sinar akibat notifikasi dapat mempengaruhi siklus tidur.

Oleh karena itu, meski terkesan tidak membahayakan, kebiasaan menaruh dan mengisi baterai ponsel di kamar saat akan tidur merupakan sebuah kesalahan yang harus dijauhi. Moore menyarankan agar proses pengisian ponsel dilakukan di luar kamar tidur. Jika Anda memiliki kebiasaan memasang alarm melalui ponsel, Moore menyarankan agar Anda menggunakan jam waker biasa untuk menjadi alarm Anda.

Terlalu Banyak Minum Air

Moore mengatakan terlalu banyak minum air sebelum tidur juga merupakan kesalahan umum yang menyebabkan berkurangnya kualitas tidur. Oleh karena itu, Moore menyarankan agar Anda tidak banyak minum air setidaknya satu jam sebelum tidur.

Jika Anda seringkali merasa sangat haus saat bangun tidur, Moore mengatakan masalahnya bisa jadi terletak pada kebiasan bernafas Anda saat tidur. Mulut yang terbuka dan mendengkur saat tidur dapat membuat tenggorokan kering ketika terbangun. Pada kasus ini, masalah tidak akan teratasi dengan banyak minum air sebelum tidur tetapi dengan mengubah posisi tidur yang benar.

Menonton Televisi di Malam Hari

Berdasarkan penelitian Nielsen, orang-orang, khususnya di Amerika, menghabiskan 11 jam per hari untuk mengakses gawai mereka. Ketergantungan pada teknologi ini ternyata dapat merugikan tubuh dan pikiran.

Oleh karena itu, Moore menyarankan agar Anda sebaiknya menjauh dari layar gawai dan elektronik ketika berada di rumah agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Jika menjauh dari gawai sulit dilakuakn, hal paling minim yang bisa Anda lakukan ialah mematikan televisi satu jam sebelum tidur. Dengan begitu pikiran Anda akan menjadi lebih santai menjelang waktu tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement