Kamis 23 Jun 2016 17:51 WIB

Susu Bisa Bikin Langsing Loh, Ini Penjelasannya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Perempuan minum susu
Foto: Health
Perempuan minum susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menolak minum susu karena takut gemuk? Anggapan itu sebaiknya Anda ubah mulai dari sekarang. Ahli gizi Emilia Achmadi mengemukakan, rutin minum susu justru membuat tubuh terhindar dari obesitas. Sebab, protein dalam susu segar mampu membakar lemak sehingga tubuh Anda tetap ramping.

"Kita sering sekali mengambinghitamkan sesuatu yang sebenarnya baik untuk tubuh," kata Emilia pada acara talkshow yang digelar Greenfields Indonesia di Jakarta, Rabu (22/6).

Perempuan dengan gelar Master of Science Diseases Prevention tersebut menjelaskan, susu mengandung protein yang tidak mudah dicerna. Dengan demikian, sistem pencernaan membayar 'ongkos' lebih untuk mengolah susu supaya bisa diserap tubuh.

Ia mengumpamakan, segelas susu mengandung energi total 180 kilo kalori (kkal). Untuk mengolahnya, pencernaan menggunakan energi sebesar 50 kkal sehingga ada membantu pembakaran kalori.

Pakar nutrisi di bidang klinis dan olahraga tersebut menambahkan, protein dalam susu juga memicu aktivasi brown fat. Jaringan lemak berwarna coklat pada tubuh itu memiliki fungsi membakar energi untuk menghasilkan panas.

"Selain itu, lemak jenuh alami dalam susu juga bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena bisa membantu kinerja liver," ucap Emilia yang merekomendasikan konsumsi susu segar ideal ialah sebanyak 600 hingga 750 cc per hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement