Kamis 09 Jun 2016 11:56 WIB

9 Makanan Paling Kaya Vitamin C

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kohlrabi
Foto: pixabay
Kohlrabi

REPUBLIKA.CO.ID, Vitamin C berfungsi untuk membantu melawan efek dari lelah karena panas bahkan memperbaiki kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari. Nah, ketika Anda berbicara vitamin c, langsung saja terpikir buah jeruk. Padahal faktanya masih banyak makanan lain yang mengandung vitamin c lebih tinggi dibanding jeruk.

Jeruk mengandung 70 mg vitamin c per satu buah jeruk ukuran sedang (rekomendasi konsumsi vitamin c harian sebanyak 60 mg). Sedangkan buah dan sayur ini mengandung lebih banyak dari itu. Apa sajakah buah dan sayur tersebut?

Stroberi

Buah berwarna merah ini mengandung 85 mg vitamin c per cangkir. Selain itu juga mengandung mangan dosis tinggi yang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Hanya pastikan untuk membeli buah stroberi organik.

Nanas

Segar, tropis, berair, itulah buah nanas. Buah ini berisi 79 mg vitamin c. Dan tidak seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, nanas juga mengandung jumlah enzim bromelain yang signifikan, yang membantu protein untuk pencernaan. Jadikan pina coladas atau buatlah smoothie nanas.

Kohlrabi

Kohlrabi (Brassica oleracea) adalah tanaman dari keluarga kubis. Nama kohlrabi berasal dari bahasa Jerman yaitu Kohl yang berarti "kubis" dan Rube/Rabi yang berarti "lobak". Cita rasa kohlrabi sangat mirip dengan batang kol atau batang brokoli, cocok dijadikan bahan campuran tumisan sayuran maupun salad. Sayuran ini mengandung 84 mg vitamin C per cangkir. Dan seperti yang saudara-saudara Brassica lainnya, sayuran ini sifat melawan kanker, dilansir dari Prevention.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement