Rabu 08 Jun 2016 14:36 WIB

Ini Manfaat Konsumsi Jus Tomat Secara Rutin

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Buah tomat
Foto: pixabay
Buah tomat

REPUBLIKA.CO.ID, Jus tomat tidak hanya dapat memberikan rasa segar di bawah teriknya matahari. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi jus tomat setiap hari ternyata dapat menurunkan berat badan dan juga menjaga kolesterol.

Seperti dilansir Express, China Medical University di Taiwan meminta 25 wanita sehat dengan usia 20-30 tahun untuk mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari. Kebiasaan mengonsumsi segelas jus tomat ini terus berlangsung selama 2 bulan.

Setelahnya, tim peneliti melakukan analisa terhadap ke-25 wanita tersebut. Hasilnya, tim peneliti menemukan bahwa rata-rata wanita peserta penelitian memiliki ukuran pinggang yang mengecil. Selain itu, lemak para wanita juga berkurang lebih dari 1 pon.

Di samping itu, kadar kolesterol para wanita juga mengalami penurunan. Kadar kolesterol para wanita tersebut menurun sekitar 10 persen dibandingkan sebelum rutin meminum jus tomat.

Tomat pada dasarnya dikenal sebaga makanan super karena berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan berbagai penelitian, tomat dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung hingga depresi.

Salah satu kelebihan tomat terdapat dalam kandungan antioksidan bernama lycopene yang memberikan warna merah pada tomat. Kandungan ini ditemukan lebih banyak dalam jus tomat, saus tomat dan berbagai produk berkonsentrasi tinggi dibadingkan pada tomat segar.

Ahli gizi Azmina Govindji menyambut baik temuan baru dari China Medical University terkait manfaat tomat.Hanya saja, ahli gizi dari Glasgow University Profesor Mike Lean menilai penelitian yang dilakukan China Medical University ini masih memiliki celah. Pasalnya, tim peneliti tidak memiliki grup kontrol yang berisikan orang-orang yang tidak mengonsumsi jus tomat setiap hari sebagai pembanding.

(baca: Dokter Sebut Ortu Jadi Penyebab Anak tak Suka Buah Sayur)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement