Kamis 02 Jun 2016 16:19 WIB

Racikan Minuman Ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Buah tomat (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Buah tomat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Mengalami masalah mengingat hal-hal penting bisa menghambat kualitas hidup seseorang. Seseorang akan kesulitan untuk menghadapinya karena lupa dengan yang ia hafalkan sebelumnya. Tidak sedikit orang memilih mengonsumsi obat peningkat daya ingat seperti yang dianjurkan di iklan-iklan.

Tetapi ingat, bahan-bahan yang terkandung di dalam obat-obatan tersebut belum tentu alami dan bisa memiliki efek yang berkelanjutan. Seperti yang diketahui sebelumnya, otak mengatur memori. Memori tidak lain adalah sebuah proses di mana informasi dirasakan oleh otak kemudian disimpan dan direkam melalui neuron.

Memori sangat membantu saat pembelajaran, pengembangan keterampilan, hati nurani, pola perilaku dan lainnya. Jadi, bila memori seseorang melemah dapat memengaruhi proses kognitifnya.

Ada jenis makanan yang berfungsi mengembalikan memori agar berkerja lebih baik dalam mendukung setiap langkah hidup seseorang. Otak harus mendapatkan asupan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kinerja memori.

Dilansir Boldsky, ada sebuah resep minuman buatan sendiri yang bisa meningkatkan memori. Bahan yang diperlukan adalah tiga sendok makan jus tomat, tiga sendok makan jus bayam, tiga sendok makan minyak zaitun.

Tomat adalah buah yang kaya akan enzim lycopene. Fungsinya adalah untuk mengoksidasi sel-sel otak dan menghindari kehilangan memori serta dapat mencegah perubahan mood dan demensia. Bayam dikemas dengan folat dan vitamin E yang mampu merangsang otak untuk memproduksi sel-sel sehat sehingga mampu meningkatkan fungsi kognitif seperti kemampuan memori dan pembelajaran. Sedangkan minyak zaitun secara alami mampu meningkatkan aliran darah sehat ke otak dan meningkatkan memori hingga batas tertentu.

Adapun cara membuat minuman ini adalah dengan menambahkan beberapa potong tomat segar yang di cincang. Masukkan daun bayam dalam blender dan blender keduanya secara terpisah.

Tambahkan air dalam blender seperlunya. Kemudian gabungkan kedua bahan dalam jumlah yang disarankan ke sebuah gelas dan berikan minyak zaitun. Selanjutnya minuman ini sudah siap dikonsumsi. Minum ramuan ini setiap pagi saat perut kosong dan rutin selama satu bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement