Kamis 02 Jun 2016 08:55 WIB

Olahraga Sebelum Sarapan, Bantu Percepatan Penurunan Berat Badan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
olahraga
Foto: Republika/Agung Supriyanto
olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Anda berkomitmen untuk memulai latihan agar tubuh lebih sehat dan segar, jangan lupa untuk menyetel waktu terbaik berolahraga.

Penelitian yang dilakukan Gretchen Reynolds mengungkapkan jika pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk olahraga. Olahraga sebelum sarapan akan membantu Anda mempercepat penurunan berat badan dan meningkatkan energi.

Berolahraga sebelum sarapan akan membuat tubuh memanfaatkan cadangan lemak yang tersimpan untuk menjadi bahan bakar. Hal ini akan berefek pada penurunan berat badan dari pembakaran hasil Anda nyemil atau makan berlebihan.

Studi lain juga membuktikan dengan melibatkan dua kelompok laki-laki yang melakukan olahraga. Satu kelompok berlari di treadmill hingga membakar 400 kalori, sedangkan satu kelompok lainnya berlari pagi dengan perut kosong dan kemudian makan 400 kalori oatmeal ketika sarapan, dikutip dari laman Independent, Kamis (2/6).

Ternyata yang dihasilkan sangat berbeda, mereka sama-sama membakar lemak dalam tubuh, hanya saja pelari yang tidak sarapan sebelumnya melakukan pembakaran lebih intens. Disamping itu, olahraga dengan dibawah sinar matahari akan mengelola berat badan dibandingkan dengan yang tidak.

Jadi jika Anda berpikir untuk menunda berolahraga ketika pagi hari, ingat jika latihan di pagi hari memungkinkan untuk mencapai kebugaran lebih optimal. Terpenting lagi, ini akan memberi banyak energi daripada Anda berolahraga sebelum tidur malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement