Selasa 24 May 2016 06:42 WIB

Studi Sebut Anda Butuh Waktu Khusus untuk Bermain

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Pria sedang bergembira.
Foto: pixabay
Pria sedang bergembira.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda ternyata perlu memiliki waktu khusus untuk bersenang-senang, demi mengurangi stres. Hobi dan kegiatan menyenangkan lainnya, seperti bermain, dinilai penting untuk mempertajam keterampilan, mengekspresikan kreativitas dan mengeluarkan kegelisahan.

Ketika Anda menikmati suatu permainan, aliran meditasi akan mengalir dari otak dan memberi manfaat kepada tubuh, pikiran, serta jiwa. Bermain selain bisa menghilangkan stres, juga dapat meningkatkan indeks kebahagiaan hidup.

Dilansir dari laman Verywell, menyisihkan waktu untuk melakukan hobi yang disukai bisa menjadi media relaksasi. Beberapa orang bahkan menjadikan hobi mereka sebagai pekerjaan utama, yang berarti waktu bekerja adalah juga waktu bermain.

Manfaat lainnya dari bermain adalah bisa meningkatkan suasana hati atau mood. Bermain bisa membawa perasaan positif ke dalam diri sehingga Anda akan cenderung melakukan hal-hal yang positif juga.

Hal ini telah lama menjadi bagian dari studi psikologi. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa ternyata perlu bermain untuk aura yang lebih positif, mood yang lebih baik, dan kekuatan menghadapi stres.

Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan bersama rekan atau keluarga untuk memperkuat hubungan sosial. Ikatan yang terjalin dengan kuat antara Anda dan orang lain juga dapat menumbuhkan semangat dalam diri.

Apakah Anda belum memiliki hobi? Temukan beberapa hobi yang mungkin cocok untuk Anda. Pastikan hobi tersebut menyenangkan sehingga bisa membantu Anda menghilangkan stres.

(baca: 9 Tips Bahagia dari Para Ahli)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement