Jumat 13 May 2016 06:29 WIB

Sering Kesemutan? Waspadai 5 Ancaman Kesehatan Ini

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Tangan yang sedang kesemutan
Foto: ist
Tangan yang sedang kesemutan

REPUBLIKA.CO.ID, Kesemutan bisa dikatakan sudah menjadi penyakit biasa yang menyerang anggota tubuh seperti kaki dan tangan. Ketika kesemutan, kita akan terasa mati rasa atau terasa seperti terserangat listrik jika kita menggerakkan kaki atau tangan. Kesemutan bisa tejadi akibat adanya pembuluh darah atau saraf yang saling berhubungan mengalami tekanan.

"Ketika seseorang mengeluh mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki, kita lihat sejak kapan dan karena apa kesemutan terjadi, dari situ kita bisa tau penyebab kesemutan. Jika kita bisa mengetahui penyebabnya, kita bisa mengobati dan mengontrolnya dengan pengobatan”, kata Stanley Lyadurai, MD, asisten profesor kedokteran neuromuskuler di Universitas Negeri Ohio.

Banyak penyebab kaki dan tangan kesemutan, seperti terlalu lama duduk atau berdiri. Dilansir dari Prevention, berikut penyebab-penyebab kaki dan tangan kesemutan.

Saraf terjepit

Jika Anda kerap mengalami kesemutan, mungkin Anda memiliki saraf yang terjepit. Saraf terjepit bisa terjadi karena cedera atau postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri atau tidur. Menurut dr. Lyadurai, terapi fisik atau penggunaan obat seperti gabapentin dapat membantu meringankan rasa kesemutan.

Malnutrisi

Jika mengalami kesemutan pada kaki, berarti Anda mengalami malnutrisi. Yang dimaksud dengan malnutrisi di sini yaitu kekurangan vitamin B, terutama B1, B6, dan B12. Konsumsi suplementasi vitamin kompleks (B1, B6, dan B12) dapat membantu menyembuhkan kesemutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement