Rabu 11 May 2016 06:22 WIB

10 Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Anda Tahu

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Minyak zaitun
Foto: flickr
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, Minyak zaitun merupakan minyak yang paling dicari di pasaran saat ini. Minyak ini diakui memiliki banyak manfaat karena bisa diaplikasikan dengan berbagai cara. Mulai dari sebagai pelumas untuk mencukur, membersihkan tangan juga untuk menggosok furnitur. Selain itu masih banyak manfaat lain dari minyak zaitun yang perlu Anda ketahui. Apa saja, ya?

Mengurangi risiko diabetes

Seperti dilansir dari laman Life Hack, minyak zaitun efektif melindungi Anda dari diabetes. Menurut Harvard School of Public Health, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak yang sehat dalam minyak zaitun mampu mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen. Meskipun pola makan rendah lemak merupakan rekomendasi tradisional untuk memerangi diabetes, hasilnya menunjukkan bahwa ini adalah tipe lemak yang cocok daripada jumlah lemak yang penting.

Peradangan kronis dipercaya menjadi akar. Mengonsumsi minyak zaitun yang merupakan agen anti peradangan yang luar biasa sangat membantu. Zat seperti oleic acid dan oleocanthal yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat mengurangi ekspresi gen dan protein yang menengahi perdagangan.

Menyelamatkan Anda dari stroke

Sebuah studi dari University of Bordeaux mengumpulkan data dari tiga grup subyek usia di atas 65 tahun dan secara mengejutkan ditemukan bahwa orang tua yang menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan saus salad lebih sering memiliki risiko 41 persen lebih rendah menderita stroke. Para peneliti percaya bahwa minyak zaitun efektif dalam peleburan gumpalan darah yang tidak dinginkan dalam pembuluh darah, sebuah kunci yang menyebabkan stroke.

Menjaga jantung Anda tetap muda

Kita semua mengetahui bahwa fungsi jantung kita dan pembuluh darah arteri menurun seiring bertambahnya usia. Ini nampaknya tak dapat dihindarkan bahwa kita mungkin menderita penyakit jantung ketika usia mulai renta. Jangan pesimis dulu. Sebuah studi di Spanyol yang publikasikan di British Medical Journal menemukan bahwa minyak zaitun membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari kolesterol jahat yang merusak. Jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, Anda harus menyediakan minyak zaitun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement