Selasa 03 May 2016 11:41 WIB

8 Makanan Umum Ini Ternyata tak Baik Dikonsumsi

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
 Penjemuran sirip ikan hiu.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Penjemuran sirip ikan hiu.

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring dengan berkembangnya zaman, berbagai pilihan kuliner pun hadir untuk memuaskan lidah dan perut. Akan tetapi, kenikmatan yang ditawarkan makanan-makanan tersebut ternyata tidak selalu berbanding lurus dengan dampak kesehatan yang diberikan.

Berbagai produk pangan, mulai dari makanan ringan daging hingga minuman lezat banyak yang menyimpan 'ancaman' terhadap kesehatan. Berikut ini ialah 10 makanan yang seharusnya sama sekali tidak dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh.

Daging hiu dan beberapa ikan lain

Menurut laporan CNN, daging hiu memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Pasalnya, peneliti menemukan bahwa daging hiu memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi sehingga membahayakan. Jika dikonsumsi, kadar merkuri yang tinggi tersebut dapat menyebabkan menurunnya kemampuan koordinasi tubuh, kebutaan bahkan kematian. 

Selain hiu, beberapa ikan laut lainnya juga patut dihindari karena kandungan merkurinya yang tinggi. Ikan-ikan tersebut ialah ikan todak (swordfish),  ikan tenggiri raja (king mackerel) dan ikan tilefish. Jika ingin mengonsumsi hewan laut, para peneliti menyarankan agar mengonsumsi udang, tuna, salmon, dan pollock.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement