Jumat 15 Apr 2016 08:54 WIB

Ini Dia Berbagai Manfaat Aromaterapi

Rep: Fira Nursya'bani / Red: Andi Nur Aminah
minyak bunga lavender
Foto: wordpress.com
minyak bunga lavender

REPUBLIKA.CO.ID, Penggunaan aromaterapi semakin populer saja di berbagai negara dalam beberapa tahun terakhir. Contohnya ada dalam pengobatan alternatif yang menggunakan minyak esensial dari berbagai tanaman, yang menghasilkan aromaterapi, dan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. 

Dilansir dari Megabored, setiap minyak esensial digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang berbeda, tergantung pada tanaman yang diekstraksi. Meskipun tidak ada bukti ilmiah nyata bahwa aromaterapi bisa menyembuhkan penyakit, banyak orang menuai manfaat dari perawatan aromaterapi.

Karena minyak esensial diekstrak dari tanaman, jenisnya sudah tak terhitung berapa banyak. Untuk menghasilkan minyak atsiri, tanaman dan bunga yang telah dipilih, akan disuling dan diekstrak.

Cairan ini kemudian dimasukkan ke dalam botol. Kebanyakan orang menggunakannya dengan cara menghirup aroma cairan atau memijatkan cairan langsung ke kulit.

Beberapa minyak esensial yang paling populer adalah lavender, peppermint, kayu putih, teh, dan lemon. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. 

 

Lavender

Minyak lavender memiliki efek menenangkan, relaksasi dan bahkan dapat membantu masalah sulit tidur. Menghirup aroma minyak lavender sebelum tidur atau mengoleskannya ke bantal, dapat membantu menenangkan seseorang yang merasa gelisah sebelum tidur.

Minyak lavender juga dapat membantu menyembuhkan sejumlah penyakit kulit. Seperti jerawat, gigitan serangga, luka bakar dan luka biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement