Jumat 08 Apr 2016 06:13 WIB

Akar Manis Ini Jadi Obat Alami Hilangkan Mulas

Akar licorice
Foto: pixabay
Akar licorice

REPUBLIKA.CO.ID, Licorice  atau akar manis yang dalam bahasa latin bernama Glycyrrhiza glabra ini sering kali menjadi obat sakit maag. Obat alami ini dapat mengurangi iritasi yang berkaitan dengan rasa sakit pada perut atau mulas.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2012 melakukan pengujian tentang hubungan Licorice dengan rasa mulas. Bagimana efek ekstrak licorice pada 50 orang dengan dispepsia fungsional atau suatu kondisi yang sering disebabkan oleh refluks asam dan ditandai dengan gejala seperti sakit maag dan gangguan pencernaan.

Pada penelitian ini dibandingkan antara orang yang mengkonsumsi plasebo dengan ekstrak licorice selama 30 hari. Ditemukan orang yang melakukan pengobatan dengan ekstrak licorice mengalami peningkatan signifikasn untuk gejala maag, nyeri, dan regurtasi.

Padaa penelitian sebelumnya tahun 2004, obat herbal yang mengandung ekstrak licorice, peppermint, lemon, jintan, permen pahit, dan Matricaria dapat meringankan gejala dipepsia fungsional. Setelah delapan minggu, 43,3 persen peserta merasa baik dari gejala mereka dibandingkan 3,3 persen yang diberi plasebo.

Sementara penggunaan jangka pendek dari suplemen makanan yang mengandung licorice umumnya dianggap aman. Tapi suplemen tersebut dapat memicu sejumlah efek samping, seperti sakit kepala, kelelahan, dan retensi air.

Selain itu, licorice diketahui berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk warfarin dan obat-obatan lain yang digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Glycyrrhizin atau senyawa yang ditemukan di licorice dapat meningkatkan tekanan darah bila dikonsumsi dalam jumlah besar untuk jangka waktu lama, dikutip dari About.

Ada juga beberapa kekhawatiran bahwa menggunakan licorice dapat memperburuk kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kanker hormon-sensitif seperti kanker payudara dan kanker ovarium. Melihat kondisi tersebut, bagaimana pun konsultasi pada dokter akan menjadi lebih baik.

(baca: Bibir Bermasalah? MUngkin Anda Sakit Ini)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement