Senin 04 Apr 2016 09:42 WIB

12 Makanan Tinggi Kandungan Vitamin D

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Potongan daging salmon liar disebut kaya vitamin D.
Foto: flickr
Potongan daging salmon liar disebut kaya vitamin D.

REPUBLIKA.CO.ID, Sulit bagi tubuh untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Tubuh memang memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari, fungsinya sebagai tabir surya dan untuk mencegah keriput.

Namun, jumlah vitamin D yang diproduksi tidak banyak. Jadi, tidak heran jika setengah dari penduduk Amerika Serikat diperkirakan kekurangan vitamin D.

"Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda agar tetap sehat," kata Carlene Thomas, RDN, LD, dilansir dari Prevention.

Vitamin D juga bisa membantu meningkatkan mood, kekebalan tubuh, dan menurunkan berat badan. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen, Anda bisa mengonsumsi 12 makanan kaya vitamin D berikut ini.

Salmon kaleng

Salmon kaleng mengandung banyak vitamin D. Selain itu, salmon kaleng juga lebih rendah merkuri dan lebih murah. Salmon merah muda selain menyediakan vitamin D, juga mengandung 20 gram protein.

Jamur yang tumbuh dengan cahaya alami

Jamur mengandung ergosterol yang dapat berubah menjadi vitamin D saat terkena cahaya alami atau UV. Meskipun secara tradisional jamur tumbuh dalam gelap, ternyata jamur yang tumbuh di bawah sinar UV mengandung banyak vitamin D.

Vitamin D larut dalam lemak, sehingga Anda bisa pasangkan jamur dengan minyak zaitun untuk meningkatkan penyerapan.

Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod baik untuk tubuh Anda. Mengonsumsi suplemen ini adalah cara tercepat dan termudah untuk mengonsumsi vitamin D. Satu sendok teh minyak hati ikan kod memberikan dua kali lipat vitamin untuk kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung dan mata.

Salmon liar

Salmon liar hasil tangkapan langsung, 75 persen lebih banyak mengandung vitamin D, daripada salmon ternak. Selain itu, cara memasak juga mempengaruhi kandungan vitamin D dalam salmon.

Sebuah studi mengatakan, salmon yang digoreng akan kehilangan setengah gizinya. Memakan salmon berdaging merah muda lebih memberikan banyak asam lemak omega 3 untuk otak dan vitamin B untuk energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement