Jumat 01 Apr 2016 06:02 WIB

4 Kesalahan Umum yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.
Foto: pixabay
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang tentunya ingin menikmati hari tua dengan tubuh sehat. Sayangnya, banyak orang muda yang mengabaikan kesehatan dan melakukan empat kesalahan umum berikut.

Membawa tas berat

Sejak masih sekolah hingga sudah bekerja, banyak dari kita yang terbiasa menyandang tas berat. Jika dibiarkan, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan sakit punggung, spondilitis, nyeri leher, dan nyeri lutut yang parah.

Melewatkan jam makan

Jam kerja sibuk dan jadwal yang tidak menentu membuat kita sering melewatkan waktu makan, baik sarapan hingga makan malam. Jika terlalu sering dilakukan, kebiasaan ini akan menyebabkan gangguan akut pada sistem pencernaan.

Kurang tidur

Kurang tidur dan berbaring dalam posisi yang salah juga merupakan kesalahan yang umum dilakukan. Tidur dalam posisi membungkuk, misalnya, berdampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan masalah punggung dan leher.

Menjadi workaholic

Kita semua ingin bekerja keras selagi muda dan menikmati hasilnya di masa tua. Namun, bukan berarti Anda harus menjadi workaholic. Terus-menerus bekerja tanpa mengenal waktu tidak baik untuk kesehatan dan bisa membuat tubuh Anda terforsir. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan punya porsi seimbang untuk hal lain seperti beribadah, bersantai bersama keluarga dan sahabat, atau sekadar melakukan hobi, dikutip dari Times of India.

(baca: 5 Alas Kaki dengan Dampak Terburuk Bagi Kesehatan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement