Wednesday, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Wednesday, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Cara Mudah Mengalahkan Kelelahan

Kamis 24 March 2016 13:03 WIB

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah

Kelelahan (ilustrasi)

Kelelahan (ilustrasi)

Foto: its-syahri.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda sering merasa lelah saat terbangun pada pagi hari? Apalagi, jika kelelahan itu tak diimbangi waktu istirahat yang cukup di tengah segudang kesibukan.

Jangan cemas, selalu ada solusi untuk epidemi kelelahan dalam kehidupan serbacepat ini. Berikut tips mudah yang diberikan terapis gizi Natalie Lamb untuk memerangi kelelahan yang Anda rasakan diansir Elleuk.

Perhatikan apa yang Anda makan

Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dalam porsi yang cukup. Sebab, rasa lapar akan membuat Anda sulit tidur dan bangun dalam kelelahan.

Cek asupan kafein

Batasi minuman berkafein dan cobalah untuk tidak mengonsumsinya selama beberapa jam menjelang tidur.

Tune out

Matikan semua Wi-Fi, layar gadget, dan telepon setidaknya 30 menit sebelum tidur. Semua teknologi yang masih menyala bisa mencegah Anda terlelap karena cahaya yang memengaruhi tingkat melatonin sehingga ritme alami tubuh terganggu.

Jangan malas mandi

Mandilah dua kali sehari untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan kelelahan. Mandi tiga puluh menit sebelum tidur juga bisa mengembalikan suhu tubuh ke kondisi normal.

Aktif bergerak

Aktif bergerak dan mendapatkan udara segar setiap hari bisa membantu mengatasi kelelahan. Cobalah untuk berolahraga pada awal hari ketika tingkat energi cenderung lebih tinggi agar lebih produktif.

Tetap tenang

Menenangkan diri dengan berzikir dan beribadah bisa membuat Anda tidak mudah lelah. Hal itu juga membantu memperlambat metabolisme dan meningkatkan kadar serotonin yang penting dalam produksi hormon relaksasi melatonin.

Cintai usus

Mengonsumsi minuman probiotik dapat membantu Anda memiliki tidur malam berkualitas secara alami. Sebab, minuman yang baik untuk fungsi usus ini membantu tubuh menghasilkan melatonin tambahan yang penting untuk tidur malam yang lelap.

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA