Jumat 18 Mar 2016 07:46 WIB

Ragam Manfaat Serai Bagi Kesehatan

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Serai
Foto: ist
Serai

REPUBLIKA.CO.ID, Serai atau sereh adalah tanaman serbaguna untuk berbagai keperluan. Serai dapat digunakan sebagai bumbu, tanaman hias, teh atau minyak esensial. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman populer di Thailand, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Indonesia dan beberapa negara di benua Afrika dan Amerika untuk keperluan kuliner dan obat.

Serai memiliki aroma yang harum. Karena aromanya itu serai biasanya digunakan untuk mengharumkan makanan, sebagai penyedap rasa dan aromaterapi. Serai kaya akan sumber vitamin A, B, C, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan.

Karena kaya akan banyak nutrisi, serai bagus untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat kesehatan yang luar biasa jika menggunakan serai.

Sebagai antidepresan

Serai bisa dijadikan sebagai antidepresan. Serai memiliki efek semangat pada suasana hati. Aroma dari serai mampu melepaskan serotonin di otak yang dapat menaikan mood. Menurut penelitian, serai adalah obat penenang membantu dalam mengurangi kecemasan, dengan demikian dapat meningkatkan mood.

Mengurangi kolesterol

Daun Serai memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, keduanya membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement