Senin 14 Mar 2016 09:51 WIB

Minuman Penurun Darah Tinggi Wanita

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Blueberry dan pisang smoothie
Foto: flickr
Blueberry dan pisang smoothie

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan khasiat mengonsumsi smoothie blueberry pada wanita pascamenopause. Konsumsi secangkir smoothie blueberry segar selama delapan pekan bisa menurunkan tekanan darah tinggi 5-6 persen.

Smoothie blueberry juga meningkatkan kadar oksida nitrat hingga 69 persen yang membantu melancarkan aliran darah. Studi kedua menggunakan obyek tikus. Peneliti menemukan tikus yang diberikan smoothie blueberry secara signifikan mengalami penurunan kadar lemak jahat dalam tubuhnya.

Kesamaan hasil akhir dalam dua studi ini menunjukkan bahwa smoothie blueberry mengandung antioksidan flavonoid, seperti antosianin. Produksi oksida nitratnya juga mengurangi peradangan.

Berikut adalah resep smoothie blueberry yang berkhasiat menurunkan darah tinggi, dilansir dari Prevention, Senin (14/3). Resep ini berlaku untuk dua porsi.

Bahan-bahan yang disiapkan adalah satu cup atau 200 gram blueberry, satu cup pisang matang, satu cup yogurt tanpa lemak, dan satu cup bayam. Haluskan semua bahan dalam blender dan tuang ke dalam gelas.

Satu porsi smoothie blueberry memuat kandungan gizi berupa 153 kalori, tujuh gram protein, 32 gram karbohidrat, empat gram serat, 22 gram gula, 0,5 gram lemak, dan 110 miligram sodium.

(baca: Mau Langsing? 4 Buah Ini Bisa Jadi Pilihan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement