Senin 14 Mar 2016 08:46 WIB

Apa Artinya Ketika Feses Berwarna Hijau?

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Toilet
Foto: ist
Toilet

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin Anda sering kali merasa khawatir melihat feses berwarna hijau, atau warna lain, saat sedang buang air besar di toilet. Tapi ada beberapa alasan mengapa hal itu dapat terjadi.

Berikut adalah beberapa penyebab feses berwarna hijau, dilansir laman About.

Organ hati mengeluarkan cairan hijau terang yang disebut empedu, ke usus kecil. Empedu juga terkonsentrasi dan disimpan di dalam kantong empedu. Empedu berperan dalam emulsifikasi, penyerapan, dan pencernaan lemak dan vitamin yang larut lemak.

Selain itu, empedu juga membantu melembutkan dan memberi warna cokelat pada feses. Cairan ini juga membantu membasakan isi usus yang mengandung kolesterol, fosfolipid, bilirubin, dan elektrolit.

Ketika feses dengan empedu melakukan perjalanan melalui usus kecil dan kemudian ke usus besar melalui saluran empedu, warnanya berubah dari hijau menjadi kuning sampai cokelat . Hal itu disebabkan karena adanya interaksi dari bakteri di usus besar dengan garam empedu.

Feses berwarna hijau menunjukkan  makanan melewati usus dalam waktu yang lebih cepat dari waktu normal. Sehingga feses belum sempat berubah menjadi cokelat. Dan hal ini biasanya terjadi ketika Anda mengalami diare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement