Ahad 13 Mar 2016 18:03 WIB

Selalu Lapar Jelang Haid? Ilmuwan Ungkap 3 Alasannya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang makan
Foto: pexels
Wanita sedang makan

REPUBLIKA.CO.ID, Nafsu makan yang meningkat jelang periode menstruasi terbukti bukan sekedar mitos belaka. Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa nafsu makan pada wanita cenderung meningkat sekitar satu minggu sebelum menstruasi.

Dokter ahli reproduksi dari Icahn School of Medicine, Joshua Klein, mengatakan bahwa peningkatan nafsu makan tersebut tidak serta merta akan mengganggu diet wanita. Untuk memahami lebih jauh mengenai nafsu makan dan siklus menstruasi, berikut ini ialah beberapa hal yang perlu diketahui.

Peningkatan nafsu makan tidak 'meledak'

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selama periode kedua dalam siklus menstruasi, yaitu fase luteal, wanita akan mengalami peningkatan nafsu makan. Meningkatnya nafsu makan ini disebabkan kadar hormon ovarium bernama progesteron menjadi lebih tinggi selama fase luteal.

Akan tetapi biasanya akan ada hormon lain yang akan menjadi penyeimbang dari peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan lapar tersebut. Sehingga, peningkatan nafsu makan tidak terjadi secara berlebihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement