Rabu 02 Mar 2016 07:46 WIB

Waspada! Ini 10 Tanda Stres Melanda

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Stres
Foto: ist
Stres

REPUBLIKA.CO.ID, Stres bisa dipandang sebagai beban berat atau justru sebuah kondisi dinamis yang positif karena menghadapkan Anda pada peluang, tuntutan, dan tantangan tertentu. Namun, stres berkepanjangan yang tak disadari bisa merugikan bagi tubuh Anda. Kenali 10 tanda stres berikut agar Anda bisa segera mengatur strategi untuk mengendalikannya.

Cepat lelah

Jika tidur malam Anda cukup tetapi merasa lelah saat bangun keesokan harinya, Anda mungkin mengalami kelelahan klinis akibat stres. Spesialis perilaku kesehatan Jane Pernotto Ehrman berkata, stres menyedot energi karena diam-diam mengirimkan sinyal 'bekerja lembur' ke seluruh sistem tubuh Anda.

Sukar tidur

Ironisnya, meskipun sangat lelah sepanjang waktu, stres membuat Anda semakin sukar memejamkan mata untuk tidur. Insomnia terjadi karena stres membuat Anda tidak mampu berhenti memikirkan semua kewajiban dalam hidup.

Gampang sakit

Mudah lelah dan kurang tidur akan membuat Anda mudah terserang penyakit ringan. Penelitian juga menunjukkan, sistem kekebalan tubuh berkurang sekitar 30 persen ketika Anda stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement