Kamis 18 Feb 2016 08:44 WIB

5 Pilihan Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Ibu hamil berolahraga
Foto: webmd
Ibu hamil berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin pernah mendengar bahwa penting untuk terus berolahraga meski sedang hamil, tentunya dengan persetujuan dari dokter terlebih dahulu. Gaya hidup selama kehamilan berkontribusi dalam mengendalikan berat badan yang jika tak diperhatikan akan berujung pada diabetes gestasional serta komplikasi lainnya.

Ginekolog dari St Louis University School of Medicine, Raul Artal pernah menyusun panduan olahraga selama kehamilan. Menurut dia, olahraga selama mengandung memberi banyak manfaat kesehatan. "Olahraga membantu mengurangi stres, mencegah depresi perinatal dan mengurangi kecemasan," katanya.

Olahraga selama kehamilan juga meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu juga bisa membantu menghimpun energi untuk melahirkan serta pemulihan pascamelahirkan. Kuncinya adalah mengetahui jenis olahraga apa yang baik untuk ibu hamil. Dilansir Fit Pregnancy, Kamis (18/2) berikut ini olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil.

 

Barre

Barre adalah olahraga yang menggabungkan antara pilates dan yoga. Fungsinya untuk meregangkan otot-otot Anda. Gerakannya lambat dengan tempo tertentu dan dianggap aman untuk ibu hamil. Ibu hamil tetap boleh melompat dalam intensitas ringan dengan tetap bertumpu pada pusat gravitasi dan pijakan kakinya. Selama Anda menjaga keseimbangan, maka barre bisa aman dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement