Rabu 03 Feb 2016 09:59 WIB

Ini yang Terjadi Jika Anda Berhenti Makan Daging

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Sepiring makanan tanpa daging memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Foto: pixabay
Sepiring makanan tanpa daging memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengadopsi pola makan vegetarian kerap dianggap merugikan karena membuat tubuh kekurangan berbagai nutrisi penting. Sebaliknya, American Dietic Association menyatakan bahwa pola makan vegetarian dan vegan yang dilakukan dengan baik akan menyehatkan tubuh dan tetap memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Seperti yang diketahui, seseorang yang mengadopsi pola makan vegetarian dan vegan sama sekali tidak mengkonsumsi daging. Inilah hal ajaib yang terjadi pada tubuh ketika seseorang tak lagi mengkonsumsi daging.

Kulit akan bersinar

Dampak positif menjauhi daging untuk dikonsumsi ternyata tak hanya terjadi di dalam tubuh, tetapi juga terlihat di luar. Ahli Gizi Holistik dan Pendiri Green Beat Life, Susan Tucker, mengatakan kandungan mineral, antioksidan dan serat yang tinggi dalam pola makan berbasis sayuran dapat mendetoksifikasi tubuh. Proses ini akan berujung pada menjadi lebih cerahnya kulit. Pasalnya, pola makan berbasis tumbuhan yang dianut vegetarian dan vegan dapat mengatasi masalah kulit seperti eksim dan jerawat.

Asam tubuh berkurang

Tucker juga menjelaskan, makanan olahan dan berbagai produk yang berasal dari binatang, termasuk susu dan keju, akan membuat tubuh mengandung asam lebih banyak. Pengurangan pH yang berlebih dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual, kelelahan, sakit kepala dan linglung. Sebaliknya, pola makan berbasis tumbuhan lebih bersifat alkali, sehingga dapat menangkal terjadinya keasaman berlebih akibat penurnan pH. Selain itu, konsumsi buah, sayuran, kacang dan kecambah dapat meningkatkan energi dan kejernihan pikiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement