Senin 01 Feb 2016 08:45 WIB

5 Penyakit yang Bisa Dideteksi dengan Bantuan Tangan

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah penyakit bisa diketahui dengan tanda-tanda yang tampak di tangan.
Foto: wikipedia
Sejumlah penyakit bisa diketahui dengan tanda-tanda yang tampak di tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Gejala apakah Anda sehat atau tidak bisa terungkap melalui berbagai hal. Salah satunya adalah tangan dan jari-jari Anda.

Wanita dengan jari manis yang lebih panjang daripada jari telunjuk, menurut sebuah studi tentang arthritis dan rematik, biasanya dua kali lebih mungkin untuk terkena osteoarthritis pada lutut. Tingkat estrogen yang rendah dapat menjadi faktor utamanya.

Pemilik jari manis yang lebih panjang juga dikaitkan dengan kemampuan atletik yang lebih tinggi dan agresi verbal pada kedua jenis kelamin. Pada pria, jari manis yang secara signifikan lebih panjang  (menunjukkan lonjakan testosteron rahim di selama trimester kedua) dikaitkan dengan memiliki hubungan yang lebih baik dengan perempuan dan anak-anak, tapi risiko lebih tinggi terkena kanker prostat.

Dikutip dari Reader's Digest Asia, Senin (1/2), berikut beberapa penyakit yang harus diwaspadai dengan melihat pada gejala di tangan Anda.

Tangan gemetar, penyakit Parkinson

Tangan gemetar terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein atau efek samping dari obat tertentu, seperti antidepresan. Tapi lebih baik jika segera pergi ke dokter jika terus berulang. Tangan yang gemetar menjadi salah satu gejala pertama penyakit Parkinson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement