Selasa 26 Jan 2016 06:22 WIB

5 Jus Pengurang Asam Urat dalam Tubuh

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Buah nanas
Foto: pixabay
Buah nanas

REPUBLIKA.CO.ID, Tingginya kadar asam urat dalam tubuh disebabkan karena ginjal tak efektif dalam mengeluarkan urin. Hal ini bisa terjadi karena Anda mengkonsumsi makanan yang menyebabkan asam urat seperti protein.

Faktor lainnya adalah Anda menerapkan gaya hidup tak sehat seperti konsumsi alkohol. bahkan, kelebihan berat badan juga mudah membuat Anda memiliki asam urat yang berujung pada nyeri di bagian kaki.

Dilansir Boldsky, ada beberapa jus yang bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Anda. Yuk, dicoba.

Jus nanas

Jus nanas memiliki salah satu jenis enzim yang disebut bromelain. Zat inilah yang dengan mudah mengeluarkan kadar asam urat dalam tubuh melalui urin.

Just wortel dan timun

Gabungkan dua jenis sayuran ini sebagai jus. Anda bisa menambahkan seledri untuk hasil yang lebih efektif. Minum di pagi hari selama 15 hingga 20 hari. Hasilnya, kadar asam urat dalam tubuh pasti menurun secara cukup drastis.

(baca: 9 Manfaat Ramuan Air Hangat Campur Madu)

Jus jahe

Buatlah jus dari potongan jahe. Caranya, masukan potongan jahe ke dalam air dan rebus hingga cukup mendidih.

Jus ceri

Beberapa penelitian menunjukan ceri sangat efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Minumlah jus dari buah berwarna merah ini sebanyak dua kali dalam satu hari untuk membantu meredakan sakit dan radang yang timbul karena asam urat.

Jus apel

Kandungan malic acid dalam apel mampu menteralisir asam urat dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga membantu meredakan sakit dan nyeri di bagian kaki karena asam urat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement