Selasa 26 Jan 2016 04:17 WIB

Gunakan Madu untuk Obati Flu

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Madu
Foto: pixabay
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, Flu merupakan gangguan pernapasan yang mempengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan. Demam ringan, bersin-bersin, sakit tenggorokan, serta batuk adalah gejala umum dari penyakit ini.

Namun, dengan pengobatan yang tepat, flu bisa sembuh dalam waktu satu minggu. Bahkan, ada pengobatan tradisional yang mudah dan bisa Anda lakukan di rumah yaitu dengan madu.

Madu mengandung sifat antibakteri, antioksidan, serta melawan virus, bakteri, dan jamur. Karena itu, madu dinilai efektif mengobati flu dan gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit ini.

Dilansir Bold Sky, terdapat beberapa tips membuat ramuan madu bagi Anda yang ingin mengobati flu. Perlu diingat, sebaiknya konsumsi madu dengan rutin agar kesehatan Anda semakin terjaga.

1. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis sangat cocok untuk diacmpurkan. dengan zat anti-inflamasi, anti oksidan, dan anti jamur yang ada di dalam dua jenis bahan makanan ini, keduanya mampu menyingkirkan flu dengan segera.

2. Madu, lemon, dan jahe

Campuran madu, lemon, dan jahe dapat meredakan gejala flu. Belum lagi, campuran bahan makanan ini dengan mudah melegakan tenggorokan dan mengusir batuk. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam satu hari.

3. Madu dan teh kayu manis

Madu dapat ditambahkan ke teh kayu manis. Campuran ini dikatakan bisa menenangkan flu dan meredakan batuk. campurkan sebanyak 2 sendok makan madu ke dalam teh kayu manis dan Anda dipastikan dengan mudah merasa lebih baik saat terserang flu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement