Senin 25 Jan 2016 08:19 WIB

Tak Mau Digigit Nyamuk? Setop Makan Pisang

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.
Foto: wikipedia
Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, Nyamuk bisa menjadi makhluk yang paling mengganggu. Ada lebih dari 3.000 spesies nyamuk di dunia, dan 200 spesies di antaranya ada di Amerika Serikat. Tentu, cara menghindari gigitan nyamuk adalah dengan tidak bersentuhan dengan mereka di tempat mereka tinggal.

Dilansir dari laman Mercola, Anda bisa menghindari gigitan nyamuk dengan tidak keluar ruangan saat subuh dan sore hari. Sebab waktu-waktu tersebut merupakan waktu nyamuk sedang aktif.

Jika Anda terpaksa keluar pada waktu tersebut, pakailah pakaian berwarna terang, kemeja lengan panjang, celana panjang, topi dan kaus kaki. Nyamuk juga senang berkumpul di semak-semak dan di dekat air.

Suhu tubuh dan zat kimia dalam kulit seperti asam laktat, mampu menjadi daya tarik bagi nyamuk. Jadi besar kemungkinan nyamuk "memakan Anda hidup-hidup" saat Anda sedang berkeringat. Jaga tubuh agar tetap dingin dan kering bisa mencegah Anda digigit nyamuk.

Selain itu, Dr. Janet Starr Hull mengatakan, hindari makan pisang di musim banyak nyamuk. "Ada sesuatu di tubuh kita yang memproses pisang menjadi zat yang bisa menarik nyamuk betina," jelas dia.

Ia juga mengatakan, sebaiknya Anda meminum suplemen vitamin B1, satu tablet sehari selama April hingga Oktober. Meminum vitamin B1 setiap hari mampu mencegah gigitan nyamuk.

Para peneliti juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi bawang putih dalam bentuk utuh atau kapsul untuk melawan gatal dari gigitan nyamuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement