Ahad 24 Jan 2016 06:34 WIB

Keseringan Olahraga Buat Andien Sakit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Penyanyi Andien Aisyah
Foto: Republika/Darmawan
Penyanyi Andien Aisyah

REPUBLIKA.CO.ID, Andien Aisyah, artis dan penyanyi berbakat Indonesia merupakan pelaku hidup sehat. Ia selalu menjaga kesehatannya dengan melakukan olahraga rutin.

Di tengah kesibukannya yang harus menyanyi di sana-sini hingga menjalankan bisnisnya, Andien tak pernah meninggalkan olahraga. Dan inilah yang menjadi salah satu rahasia kesehatan Andien. “Walaupun mental-mental, pindah-pindah tempat karena kesibukan sehari-hari, jangan sampai skip olahraga,” ujarnya kepada wartawan dalam  acara talkshow Panasonic Cooking Online Competition 2016 di Jakarta, Sabtu (23/1).

Kebanyakan duduk justru bisa membuat kesehatan menurun. Walaupun begitu, Andien juga mengingatkan agar tidak melakukan olahraga yang berlebihan.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini. Beberapa tahun terakhir, Andien sangat menyukai olahraga. Dalam sehari bisa dua sampai tiga kali olahraga. Jadi dalam seminggu bisa melakukan 14 sampai 21 kali olahraga. Ini jumlah yang banyak. “Karena waktu itu saya pikir semakin sering olahraga semakin baik,” ungkapnya

Keseringan olahraga justru mengakibatkan Andien sempat jatuh sakit. Menurut dokter yang menangani Andien, untuk menjaga kesehatan, olahraga hanya menyumbang 30 persen, sedangkan 60 persen kesehatan dipengaruhi oleh makanan. Dan sisanya sepuluh persen dari istirahat.

“Tidak ada gunakan jika banyak olahraga tapi makanannya tidak dijaga,” katanya.

(baca: Peneliti: Makanan Sisa Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement