Jumat 22 Jan 2016 12:32 WIB

Ini Batasan Ideal Minum Kopi

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Minuman kopi
Foto: ROL
Minuman kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Meminum kopi terlalu banyak, apakah hal itu baik atau tidak? "Beberapa memang baik, tapi berlebih belum tentu baik," ujar juru bicara Akademi Nutrisi dan Makanan Joan Salge Blake dilansir F0x News.

Dengan mengonsumsi kopi, asupan kafein yang Anda terima meningkat tajam. Menurutnya, 16 ons adalah standar kopi yang digunakan kebanyakan kedai. Jika Anda meminum es kopi, maka porsi kafein yang Anda konsumsi akan jauh lebih banyak karena kopi tidak ditambah air. 

Kopi dapat menurunkan penyerapan zat besi dan kalsium, meningkatkan detak jantung, dan menyebabkan kegelisahan. Orang yang memiliki diabetes tipe 2 perlu menghindari kopi karena dapat meningkatkan kadar glukosa.

Secangkir kopi akan mempersulit Anda tidur. Hal itu pun akan berdampak Anda akan mengonsumsi kopi lagi keesokan harinya untuk tetap terjaga. "Lingkaran ini akan sangat berdampak pada kadar tidur," kata Salge Blake. 

Jika Anda kerap mengalami sakit kepala dan kelelahan maka kurangilah konsumsi kopi atau minum kopi tanpa kafein. Titik tengah untuk aman mengonsumsi kopi tidak lebih dari empat cangkir atau 400 miligram kopi per hari. "Selama kopi tidak membuat Anda gelisah, sakit kepala, atau insomnia, maka tidak ada batasnya," ujar Babaknia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement