Kamis 07 Jan 2016 09:11 WIB

Berbagi Kasur Dengan Hewan Peliharaan Perbaiki Kualitas Tidur

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Tidur dengan hewan peliharaan memiliki sejumlah manfaat baik, salah satunya memperbaiki kualitas tidur.
Foto: pixabay
Tidur dengan hewan peliharaan memiliki sejumlah manfaat baik, salah satunya memperbaiki kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur bersama dengan kucing atau anjing peliharaan ternyata dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang. Hal tersebut terungkap berdasarkan penelitian yang dilakuakn oleh Center for Sleep Medicine di Mayo Clinic, Arizona.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan 150 orang di mana setengah dari peserta tersebut memiliki hewan peliharaan. Selain itu, seluruh peserta juga merupakan pasien dari Mayo Clinic yang mengalami gangguan tidur.

Lebih dari setengah dari kelompok yang memiliki hewan peliharaan kemudian tidur bersama dengan hewan peliharaannya pada satu kasur, atau setidaknya dalam satu ruangan yang sama. Hampir dari setengah dari peserta yang tidur bersama atau di dekat hewan peliharaannya mengaku dapat dengan lebih mudah untuk bermimpi saat tidur. Sedangkan hanya sekitar 20 persen saja yang menyatakan terganggu tidurnya jika bersama dengan kucing atau anjing mereka.

(baca: Memelihara Hewan Sanggup Tingkatkan Daya Tarik Seksual)

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa kehadiran kucing dan anjing peliharaan dapat memberi perasaan aman, kebersamaan dan kenyamanan bagi pemilik hewan peliharaan. Pasalnya, banyak orang yang menganggap hewan peliharaan milik mereka sebagai bagian dari keluarga.

"Sebagian dari para peserta merasakan manfaat dari tidur ditemani dengan hewan peliharaan. Beberapa di antaranya mengaku merasa aman, tenang dan nyaman dengan keberadaan hewan peliharaan di dekat mereka," jelas peneliti.

Meski begitu, para peneliti juga memiliki catatan terhadap kebiasaan tidur bersama hewan peliharaan ini. Sebelum tidur bersama hewan peliharaan, pemilik perlu memastikan jika hewan peliharaan mereka tidak berisik sehingga justru mengganggu tidur. Selain itu, peneliti juga mengatakan perlu dipastikan pula jika hewan peliharaan tidak membawa sesuatu yang dapat menyebabkan alergi bagi pemiliknya, dikutip dari Counsel Heal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement