Kamis 07 Jan 2016 10:01 WIB

Bukan Hanya Asupan Gizi, ini Lima Jurus Tubuh Sehat Bugar

Rep: Santi Sopia/ Red: Winda Destiana Putri
Kebiasaan hidup yang aktif akan meningkatkan kesehatan tubuh, dibanding hanya terduduk dan bersikap pasif.
Foto: Republika/Prayogi
Kebiasaan hidup yang aktif akan meningkatkan kesehatan tubuh, dibanding hanya terduduk dan bersikap pasif.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki tubuh sehat dan bugar menjadi dambaan setiap orang. Kebugaran yang turut menjadi isu besar saat ini diakibatkan pola hidup masyarakat yang tidak sehat. 

Menurut Ahli Gizi, Dr. Samuel Oetoro, MS, SP.GK, kebanyakan orang kurang memerhatikan kebugaran. Sehat dan bugar adalah suatu hal yang berbeda.

Kebugaran lebih menekankan kepada kualitas hidup yang dijalani. Sementara sehat, tatkala tubuh belum jatuh sakit, namun ketidakbugaran justru dapat memicu penyakit. Dalam generasi millennial, kebugaran seolah telah menjadi barang langka lantaran padatnya kesibukan sehari-hari.

"Iya kita sehat, tidak sakit, tidak masuk rumah sakit, tapi kalau kita pulang kerja itu lemes, loyo, tidak bergairah, itu artinya Anda kurang bugar," kata Samuel dalam Diskusi Cerdas "permasalahan pengasuhan anak oleh orang tua generasi millennial" bersama Frisian Flag di Jakarta.

Kebugaran pada dasarnya harus mengadopsi gaya hidup sehat untuk meningkatkan ketahanan mental dan fisik. Berikut lima trik yang perlu dilakukan agar tubuh sehat dan bugar.

Makan Sehat

Cukup terapkan rumus 4J, yaitu jumlah, jadwal, jenis dan jurus. Untuk jumlah, seimbangkan asupan makanan dengan aktivitas, jangan sampai aktivitas lebih tinggi dibandingkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk jadwal, sedianya Anda harus memiliki pola makan minimal tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Sementara bagi anak, lebih bagus ditambah snack yang sehat dan buah-buahan.

Jenis makanan harus mengandung gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein dan kalsium. Terakhir, jurus memasak, mulai terapkan prinsip jauhi makanan yang digoreng. Ajarkan anak pentingnya mengonsumsi makanan yang direbus, dibakar ataupun dikukus

Berpikir Sehat

Orang tua dilarang membuat anak stress. Tidak perlu banyak memberi tekanan, semisal selalu menuntut anak meraih peringkat di sekolah dan sebagainya. Biarkan anak bahagia dengan tetap dalam bimbingan dan pantauan orang tua.

Istirahat Sehat

Untuk anak, biasakan istirahat atau tidur selama 8 sampai 10 perhari. Sementara orang tua cukup 6 sampai 8 jam perhari

Aktivitas Sehat

Rutinkan olahraga, ajak anak senam, bersepeda atau lari maupun olahraga lainnya. Anak cenderung lebih senang olahraga yang membuatnya seperti sedang bermain.

Lingkungan Sehat

Bebaskan anak dari asap rokok. Berikan contoh agar perilaku hidup anak menjadi sehat. Batasi juga penggunaan gadget dan atur pola hidup anak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement