Selasa 05 Jan 2016 09:46 WIB

Bukan Olahraga, Ini Cara Paling Cepat Turunkan Berat Badan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Untuk diet perlu makanan yang seimbang gizi dan kalorinya
Foto: Edwin/Republika
Untuk diet perlu makanan yang seimbang gizi dan kalorinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Profesor di bidang ilmu olahraga dari University of Texas, Philip Sranforth, mengungkapkan bahwa hal paling efektif untuk menurunkan berat badan ternyata bukan berolahraga. Sranforth menilai, 'pemangkasan' kalori dalam menu diet jauh lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan berolahraga.

"Penelitian cenderung menunjukkan bahwa, dalam hal menurunkan berat badan, diet memegang peranan penting dibandingkan berolahraga," terang Stanforth dilansir aol.com.

Pernyataan tersebut dikemukakan Stanforth bukan tanpa alasan. Menurutnya, berolahraga untuk menurunkan berat badan membutuhkan waktu dan tekad yang konsisten serta kuat. Selain itu, hasil dari berolahraga untuk menurunkan berat badan baru bisa didapatkan dalam waktu yang relatif lebih lama. 

Stanforth juga mengungkapkan bahwa berolahraga ternyata tidak membakar lemak sebanyak yang orang-orang pikirkan. Selain itu,  Stanforth mengatakan ada banyak makanan yang memiliki kandungan gula, lemak dan kalori yang tinggi. Banyak dari ragam makanan tersebut, lanjut Stanforth, yang sebenarnya bisa dipangkas dan tidak perlu dikonsumsi. 

Dia mengatakan pemangkasan kalori yang tidak diperlukan ini,  dapat membuat perubahan cukup signfikan dengan penurunan berat badan dalam waktu yang relatif lebih singkat. "Untuk membakar 3.500 kalori, Anda perlu berjalan sejauh 35 mil. Sangat jauh. Akan tetapi satu batang cokelat bisa mengandung kalori sebanyak 500 kalori. Akan lebih mudah untuk menghindari cokelat 500 kalori tersebut dari pada berjalan 5 mil setiap hari," jelas Stanforth.

Efektivitas dalam mengatur asupan kalori untuk menurunkan berat badan juga terlihat dari 20 penelitian yang melibatkan lebih dari 3 ribu peserta penelitian. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa diet rendah kalori menunjukkan hasil yang lebih baik dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan berolahraga.

Meski begitu, olahraga juga memiliki peran penting untuk menjaga berat badan ketika seseorang telah berhasil menurunkan berat badannya menjadi ideal. Selain menjaga berat badan tetap stabil, berolahraga juga akan membantu seseorang untuk menjaga mood-nya tetap baik sekaligus melindungi tubuh agar tetap sehat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement