Senin 04 Jan 2016 06:28 WIB

6 Makanan Penangkal Flu

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Labu kaya vitamin A
Foto: pixabay
Labu kaya vitamin A

REPUBLIKA.CO.ID, Memasuki puncak musim penghujan, flu akan mudah menyerang. Tapi, jangan khawatir, karena ternyata ada sejumlah makanan yang sangat efektif melawan flu.

Pisang

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Cell, kandungan lektin yang terdapat pada pisang dapat menangkal flu. Makan pisang juga sangat sehat karena buah kuning itu mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayuran berdaun hijau

Semangkuk besar salad berisi sayuran hijau sangat membantu melawan penyakit flu. Sebagai tambahan, tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, dua buah bercita rasa asam yang efektif melawan norovirus hingga kolera.

Kacang almond

Mengunyah kacang almond sebagai cemilan sangat baik untuk menambah vitamin E untuk antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstra vitamin E bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik sehingga terhindar dari infeksi bakteri.

(baca: Tips Sederhana Hilangkan Sakit Kepala)

Labu

Carilah labu segar dan nikmati dalam berbagai hidangan. Buah oranye itu kaya akan vitamin A sehingga Anda dijamin terhindar dari flu.

Kerang laut

Nutrisi zinc alias seng dalam kerang laut mengurangi peradangan dengan memperlambat respons kekebalan tubuh Anda. Sebelum gejala flu muncul, ada baiknya membentengi tubuh terlebih dahulu dengan mendapat cukup nutrisi zync dalam makanan laut lezat ini.

Kacang-kacangan

Mineral zat besi (iron) dalam kacang-kacangan membantu transportasi oksigen ke sel-sel, jaringan, dan organ sehingga Anda lebih kebal penyakit. Sisi positif lain, kacang-kacangan juga akan meningkatkan asupan asam folat Anda.

Jangan lupa, selain mengonsumsi sejumlah makanan yang efektif melawan flu, Anda juga perlu menghindari penganan yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Misalnya, dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung gula berlebih dan biji-bijian olahan, dikutip dari Discovery.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement