Rabu 30 Dec 2015 14:59 WIB

Wow, Makan di Depan Cermin Ternyata Bisa Kurangi Berat Badan

Rep: c01/ Red: Bilal Ramadhan
Sendok, garpu, pisau
Foto: sodahead.com
Sendok, garpu, pisau

REPUBLIKA.CO.ID, Menggunakan sendok saat menyuap makanan merupakan hal yang lumrah dilakukan. Akan tetapi, jika Anda ingin menurunkna berat badan, Anda bisa coba mengganti sendok yang Anda gunakan dengan garpu.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida menemukan bahwa menggunakan garpu sebagai pengganti sendok untuk makan ternyata dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Selain garpu, peneliti juga menemukan bahwa makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil dan tidak terlalu mewah, bahkan piring kertas, dapat mencegah seseorang makan terlalu banyak.

Para peneliti juga menemukan bahwa cermin yang diletakkan di ruang makan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Karena secara 'ajaib' cermin yang diletakkan di ruang makan membuat rasa makanan cepat saji menjadi kurang lezat.

Berkurangnya rasa lezat dari makanan cepat saji, termasuk kue cokelat, karena cermin yang berada di ruang makan mendorong seseorang untuk berpikir tentang gaya hidup kurang sehat melalui makanan cepat saji.

Hal ini kemudian membuat rasa tak nyaman untuk makan makanan cepat saji sehingga rasa makanan cepat saji menjadi kurang nikmat dibandingkan biasanya. Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti mengajak 185 sarjana untuk turut berpartisipasi.

Para peneliti meminta seluruh sarjana untuk memilih kue cokelat atau salad buah untuk kemudian meminta pendapat mereka tentang rasa makanan yang mereka pilih. Kelompok sarjana yang makan di ruang makan dengan cermin menilai rasa makanan cepat saji, dalam hal ini kue cokelat, yang mereka pilih lebih rendah dibandingkan kelompok sarjana yang memakan kue cokelat di ruang makan tanpa cermin.

"Lirikan ke cermin membuat seseorang melihat diri mereka sendiri secara objektif serta membantu mereka menilai kebiasaan mereka sendiri sebagaimana orang lain menilai mereka," ungkap Kepala Peneliti Ata Jami.

Oleh karena itu, ketika seseorang yang sedang makan makanan kurang sehat melihat dirinya sendiri sedang makan di depan cermin, perasaan tidak nyaman akan timbul. Keberadaan cermin di ruang makan ini yang kemudian membuat rasa dari makanan kurang sehat menjadi berkurang kelezatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement