Selasa 29 Dec 2015 15:18 WIB

Tak Ingin Gemuk? Ini Cara Alami Menahan Diri dari Makanan Manis

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menghindari beragam makanan manis memang sulit, tapi harus dilakukan jika ingin diet berhasil.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menghindari beragam makanan manis memang sulit, tapi harus dilakukan jika ingin diet berhasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manis merupakan rasa pertama yang manusia lebih sukai sejak lahir. Tak heran jika lebih banyak orang yang menyukai makanan manis dibandingkan pedas. Akan tetapi, kerap mengkonsumsi makanan manis akan membawa cukup banyak pengaruh negatif bagi tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh dari keinginan mengkonsumsi makanan manis terlalu sering dan memperhatikan asupan makan setiap hari. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan di saat yang sama menyebabkan kelelahan saat kandungan gula tak lagi ada.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menahan diri dari keinginan makan makanan manis.

Cukup Air

Ketika keinginan untuk makan makanan manis mulai muncul, meminum cukup banyak air merupakan satu pilihan yang baik. Pasalnya air dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan manis.

Karena itu, sering minum air sepanjang hari akan sangat membantu menahan diri dari keinginan makan makanan manis.

Buah

Keinginan untuk makan makanan manis juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami. Beberapa opsi buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang baik ialah pisang, semangka, nanas hingga berbagai jenis jeruk.

Jenis buah-buahan tersebut baik karena tidak hanya memiliki kandungan gula alami tetapi juga kaya serat.

Jalan Kaki

Untuk mengontrol keinginan makanan manis, memilih makanan yang kaya akan protein merupakan pilihan tepat. Di saat yang sama, asupan seimbang ini dapat diimbangi dengan olahraga yang tepat.

Saat keinginan makan makanan manis, olahraga ringan seperti jalan kaki dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membatasi diri dari keinginan makan makanan manis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement