Kamis 10 Dec 2015 07:31 WIB

5 Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Gula yang ditambahkan pada makanan perlu diwaspadai penderita tekanan darah tinggi karena berisiko meningkatkan berat badan.
Foto: pixabay
Gula yang ditambahkan pada makanan perlu diwaspadai penderita tekanan darah tinggi karena berisiko meningkatkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar penderita darah tinggi paham bahwa mereka harus menghindari konsumsi garam untuk menjaga stabilitas tekanan darah. Akan tetapi, ternyata ada lima makanan lagi yang perlu diwaspadai oleh penderita tekanan darah tinggi.

Gula

Gula yang dimaksud di sini bukanlah kandungan gula alami yang sudah terdapat pada makanan, melainkan gula tambahan yang digunakan untuk memproses sebuah makanan. Gula yang ditambahkan pada makanan perlu diwaspadai penderita tekanan darah tinggi karena berisiko meningkatkan berat badan.

Berat badan yang bertambah tentunya akan berpengaruh pula pada meningkatnya tekanan darah. Di sisi lain, sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa gula yang ditambahkan pada makanan bisa secara langsung mempengaruhi tekanan darah, terlepas dari ada atau tidaknya kenaikan berat badan.

Mengingat banyaknya jenis makanan atau minuman yang mengandung gula yang banyak, American Heart Association (AHA) menganjurkan ada pembatasan konsumsi gula per hari. Bagi wanita, AHA menganjurkan konsumsi gula tambahan, seperti gula pasir atau gula lainnya, maksimal enam sendok teh per hari. Sedangkan bagi pria, AHA menganjurkan konsumsi gula tambahan tidak lebih dari sembilan sendok teh per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement