Rabu 09 Dec 2015 01:01 WIB

Kurang Tidur Sebabkan Anda Pikun?

Tidur malam dengan cahaya redup (Ilustrasi)
Foto: CORBIS
Tidur malam dengan cahaya redup (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kurang tidur bukan hanya menyebabkan diabetes, stroke, atau penyakit lain. Banyak kerugian yang akan Anda rasakan bila tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Dilansir dari laman Prevention Rabu (9/12) berikut penyakit lain yang akan Anda derita bila kurang dari enam jam bersitirahat.

Pikun

Efek paling parah yang terjadi pada saat Anda kekurangan istirahat merembet ke otak. Saat mendapatkan tidur yang cukup, otak akan selalu segar dan bergenerasi. Namun bila Anda kurang tidur otak akan lebih cepat lelah sehingga menyebabkan melemahnya daya ingat.

(Baca juga: Kurang Tidur Dapat Menganggu Kesehatan Mental)

Depresi

Kurang tidur menurut para peneliti dianggap sebagai salah satu penyebab utama stress atau depresi. Hormon kartisol akan terproduksi sehingga membuat pikiran berada di bawah tekanan.

Kematian

Studi yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun terhadap belasan ribu orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Mereka yang dibawah usia 45 tahun dan tidak memiliki jam tidur yang cukup berisiko mengalami percepatan kematian dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidur cukup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement