Rabu 02 Dec 2015 07:42 WIB

Sesendok Gula Bantu Anda Berolahraga Lebih Baik

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Sebelum berolahraga minuman khusus biasanya ditenggak agar meningkatkan stamina, coba menggantinya dengan air yang dicampur sesendok gula.
Foto: pixabay
Sebelum berolahraga minuman khusus biasanya ditenggak agar meningkatkan stamina, coba menggantinya dengan air yang dicampur sesendok gula.

REPUBLIKA.CO.ID, Kata siapa olahraga paling baik dibuang rasa hausnya dengan minuman khusus olahraga atau sports drink. Ternyata minuman dengan sesendok gula saja sudah cukup untuk membuat olahraga jadi lebih mudah bagi atlet.

Seperti dilansir Dailymail, Rabu (2/11), para peneliti dari University of Bath mengatakan mengaduk gula ke dalam sebotol air sebelum olahraga bisa menjadi keberhasilan juga saat melakukan aktivitas tersebut.

Meskipun begitu ada saatnya mengonsumsi sesendok gula yang dicampurkan di sebotol air bisa menyebabkan kegagalan juga.  Hal tersebut mereka simpulkan dari  sebuah studi baru yang menilai konsumsi gula akan berdampak kepada latihan tingkat ketahanan pada glikogen hati.

Tim menguji berbagai minuman untuk melihat bagaimana karbohidrat yang terkandung. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah ada perberbedaan yang bisa membantu mencegah penurunan tingkat glikogen hati dan kelelahan.

Percobaan tersebut dilakukan pada pengendara sepeda jarak jauh. Upaya tersebut untuk menunjukkan efek dari karbohidrat dalam bentuk glukosa atau sukrosa bisa baik saat berkegiatan olah raga.

(baca: Awas, Kimia Minuman Bebas Gula Sebabkan Pembusukan Gigi)

Mengenai percobaan tersebut tentunya ada perbedaan sukrosa dan glukosa. Sukrosa merupakan gula yang sering ditemukan di meja makan, sementara glukosa merupakan karbohidrat penting yang juga sering disebut gula sederhana.

Perbedaan utama yang ditemukan yaitu setiap sukrosa pasti terdiri dari satu glukosa. Selain itu satu molekul fruktosa mengandung keduanya.

Para peneliti menemukan jika menggabungkan berbagai sumber gula maka akan berdampak pada tubuh. Gula tersebut bisa meningkatkan tingkat penyerapan di tubuh dari usus.

Untuk itu minuman olahraga yang baik harus mengandung dua macam gula yaitu campuran glukosa dan fruktosa yang disebut sukrosa. Sayangnya, kebanyakan masih mengandalkan glukosa saja. Untuk itu sesendok gula akan lebih efektif karena mengandung sukrosa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement