Rabu 02 Dec 2015 07:26 WIB

Makanan Asam Buat Lingkar Pinggang Anda Mengecil

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Yogurt
Foto: pixabay
Yogurt

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengonsumsi yogurt memiliki berat badan lebih ringan, lemak tubuh lebih sedikit dan lingkar pinggang yang lebih kecil. Dari 13 penelitian yang ditinjau menunjukkan adanya hubungan antara komposisi tubuh dan juga konsumsi yogurt.

Dalam peninjauan tersebut, ada 22 jenis penelitian yang kembali diteliti untuk mengetahui hubungan antara yogurt dan berat badan. Dari 22 penelitian, 13 di antaranya meneliti relawan dan konsumsi yogurt mereka. Dari ke-13 penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak yogurt memiliki berat badan yang lebih ringan atau komposisi tubuh yang lebih sehat.

Dalam penelitan yang lebih mendalam pada International Journal of Obesity, relawan diminta secara acak untuk mengonsumsi atau tidak mengonsumsi yogurt dan berat badan mereka dimonitor. Hasilnya beragam. Penelitian tersebut menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan pada mereka yang mengonsumsi yogurt. Akan tetapi hasil tersebut tidak menutup kemungkinan pula bahwa jumlah kalsium yang dikonsumsi juga memiliki andil dalam penurunan berat badan.

"Yogurt memiliki beberapa mikronutrisi yang mungkin memiliki berbagai efek baik dan potensial bagi tubuh, contohnya nutrisi yang berperan dalam metabolisme lemak," jelas Doktor dari Unversity of Cambridge Medicine Inggris, Nita Forouhi.

(baca: Benarkah Kopi Mentega Bisa Langsingkan Tubuh?)

Salah satu peneliti dari Utrecht University Belanda, Irene Lenoir-Wijnkoop, masih terus melakukan penelitian untuk mencari hubungan antara konsumsi yogurt dan berat badan seseorang. Irene mengatakan pada prinsipnya penelitian yang dilakukan dengan terorganisasi, acak, serta uji coba yang terkontrol dapat membantu mencari tahu apakah konsumsi yogurt membantu penurunan berat badan.

Irene juga menilai seseorang yang mengonsumsi yogurt cenderung memiliki berat badan lebih ringan karena mereka mengonsumsi yogurt secara rutin sebagai pengganti makanan lain yang kurang menyehatkan. Yogurt yang mereka konsumsi, kata Irene, merupakan makanan kaya gizi yang baik untuk diet yang sehat dan seimbang. Yogurt juga membantu seseorang untuk merasa lebih kenyang.

"Penelitian saat ini masih terus berlangsung di banyak tempat, dengan tujuan untuk mengupas mekanisme yang mendasari hal tersebut," jelas Irene, dikutip dari Reuters, Rabu (2/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement