Selasa 22 Sep 2015 13:40 WIB

Ini Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C dalam suplemen tablet
Vitamin C dalam suplemen tablet

REPUBLIKA.CO.ID, Vitamin C dipercaya sebagian besar orang ampuh untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang lelah. Banyak pula yang beranggapan setelah suntik vitamin C, tubuh kembali bugar.

Mengonsumsi vitamin C setiap hari juga sangat penting. Namun jika vitamin C dikonsumsi tidak sesuai aturan dan terlalu banyak, dapat membahayakan tubuh. Dilansir laman Live Strong Selasa (22/9) berikut dampak buruk bila Anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin C.

Overdosis

Mengonsumsi vitamin atau asupan kesehatan lain tentu memiliki batas toleransi. Batas vitamin C dalam tubuh yaitu 2000 miligram atau d gram per hari. Lebih dari itu Anda mengalami overdosis, tubuh menjadi kebal terhadap obat.

Mengganggu pencernaan

Efek samping yang paling sering ditemui dari kelebihan mengonsumsi vitamin ini adalah mengganggu masalah pencernaan. Saluran pencernaan akan mengalami iritasi dan Anda akan mengalami diare yang berkepanjangan.

Batu Ginjal

Hal serius lain dari seringnya mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak menjadi penyebab batu ginjal. Vitamin masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat dakan dikeluarkan menjadi urin, kalau oksalat ini jumlahnya cukup tinggi, ini akan mengendap hingga membentuk deposit yang menjadi penyebab batu ginjal.

Hemokromatosis

Ini adalah kondisi dimana tubuh kelebihan zat besi. Dimana kondisi ini paling sering memengaruhi fungsi hati, jantung dan pankreas. Meski vitamin C dipercaya para pakar dapat menyerap zat besi, namun pengonsumsian secara berlebihan justru membuat fungsi organ tersebut terganggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement