Senin 21 Sep 2015 08:14 WIB

Ibu Menyusui Sering Sakit Punggung? Ini Cara Atasinya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu menyusui
Foto: flickr
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Anda ibu menyusui? Biasanya ibu menyusui sering merasakan sakit punggung dan pinggang. Tidur bersama bayi memang bisa menyebabkan itu pada ibu. Bagaimana mengatasinya?

Dr Ade Sri Wahyuni, SpRM mengatakan sakit pinggang dan punggung bisa terjadi karena posisi tidur ibu menyusui. Tapi sebenarnya sakit pinggang hampir 50 persen akibat biomekanik yang disebabkan oleh postur, berat badan dan aktivitas kehamilan. Dan bisa juga terjadi salah posisi ketika mengambil barang. “Jadi sebenarnya kalau pinggang jarang karena posisi tidur,” ujarnya.

Menyusui malam hari namun bisa menyebabkan sakit pinggang ketika bangun pagi. Sebab ketika menyusui posisi tidur ibu statis tidak bergerak. Inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan.

“Kalau sudah begini sebaiknya di malam hari, ibu berganti posisi tidur, pindah kiri kanan, tidak menyusui dalam satu posisi terus menerus. Lalu ketika pagi harinya lakukan stretching. Sebelum beranjak dari tempat tidur, sebaiknya terlentang dahulu. Kemudian tekuk kaki, herak-gerakan lalu luruskan kembali. Ini supaya otot stretching dulu, biar imbang dulu, kontraksi dulu, meregang dulu. Dan kalau ada yang perlu ditarik, tarik dulu baru turun dari tempat tidur,” papar Ade.

Ade mengingatkan jangan anggap sepele masalah sakit pinggang dan punggung ini, karena jika terus menerus terjadi akan berakibat fatal. “Ini mengapa banyak penyakit yang harusnya dihadapi orang tua, anak muda sudah mengalaminya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement