Senin 14 Sep 2015 05:00 WIB

Gejala-Gejala Umum Penyakit Parkinson

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Sakit pinggang (ilustrasi)
Foto: arylokhospital.com
Sakit pinggang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut dr Frandy Susatia, SpS terdapat beberapa gejala umum yang muncul pada penderita penyakit parkinson. Gejala-gejala tersebut antara lain adalah:

 

1. Tremor. Gemetaran yang tidak bisa dikendalikan. Gejala ini muncul pada satu bagian tubuh, terutama tangan dan jari. Tremor merupakan salah satu gejala utama kondisi ini.

 

2. Bradikinesia atau melambatnya gerakan. Setelah beberapa lama, penyakit parkinson akan mengurangi koordinasi gerakan tubuh. Beberapa aktivitas sederhana menjadi sulit untuk dilakukan. Misalnya berjalan dan menggerakan jari-jari tangan.

 

3. Kekakuan otot atau rigiditas, kondisi ini menyebabkan otot besar dan kecil menjadi kaku maupun tegang. Hal ini membuat ekspresi wajah dan pergerakan tubuh menjadi sangat terbatas dan juga menyebabkan rasa sakit akibat kram otot (mirip gejala stroke ringan).

 

4. Gangguan keseimbangan. Penderita akan mengalami gangguan keseimbangan sehingga lebih berisiko untuk jatuh.

 

5. Kehilangan kemampuan gerak otomatis. Frekuensi gerakan-gerakan yang terjadi tanpa kita sadari perlahan mulai menurun. Misalnya kedipan mata dan ayunan tangan ketika berjalan.

 

6. Perubahan cara bicara. Cara bicara bisa menjadi lembut, lebih cepat, tidak jelas, atau merasa ragu sebelum bicara.

 

7. Depresi dan serangan kecemasan, kondisi ini bisa membuat pasien merasa depresi dan khawatir akan masa depannya.

 

8. Gangguan tidur atau insomnia.

 

9. Demensia, gejala ini berarti bahwa penderita bukan hanya mengalami gangguan ingatan, tetapi perilaku kepribadiannya bisa berubah dan bahkan mengalami delusi serta halusinasi.

10. Hilangnya indera penciuman. Kondisi ini bisa muncul beberapa tahun sebelum gejala lain muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement