Senin 17 Aug 2015 05:05 WIB

Pagi Hari, Waktu Terburuk untuk Minum Kopi

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Minum kopi pagi hari (ilustrasi)
Foto: ngerumpi.com
Minum kopi pagi hari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Masyarakat Indonesia sangat gemar meminum kopi, tidak pagi, siang, atau pun malam mereka selalu akrab dengan kopi. Namun, apakah Anda tahu kapan waktu terburuk dalam meminum kopi?

Kebanyakan dari Anda mungkin meminum kopi di pagi hari untuk alasan agar lebih semangat memulai aktifitas. Padahal, waktu pagi ternyata menurut para ahli merupakan waktu terburuk untuk meminum kopi.

Seperti dilansir dari Dailymail, Ahad (16/8), walaupun kebanyakan dari kita meraih dorongan kafein untuk bangun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan bahwa hal itu pada kenyataanya dapat memiliki efek sebaliknya.

Hal ini dikatakan karena pada pagi hari tubuh kita penuh kortisol, yaitu hormon yang membuat kita merasa waspada dan terjaga. Jadi tubuh Anda secara alami sudah berkafein, sehingga tidak perlu mengonsumsi latte yang mahal lagi.

"Jika mengonsumsi kafein yang tidak diperlukan lagi, tubuh Anda akan membangun toleransi lebih cepat untuk itu, dan dengkuran yang Anda dapatkan akan sangat berkurang," jelas Ahli Neurosains, Steven Miller.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement