Senin 13 Jul 2015 15:25 WIB

Seimbangkan Otot Tubuh dengan Aerial Flow Yoga

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Aerial Flow Yoga
Foto: Google
Aerial Flow Yoga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yoga sudah menjadi tren sendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Keberadaan sekarang ini sudah lebih mudah ditemui pada tempat gym bahkan ada studio khusus yoga. Wajar jika banyak muncul teknik yoga berbeda tiap tempat dan studio yoga.

Salah satu teknik yoga yang tidak terlalu memeberatkan tubuh terutama ketika bulan puasa adalah Aerial Flow Yoga. Aerial Flow Yoga merupakan teknik yoga dengan menggunakan alat bantu seperti hammock.

Dalam beberapa gerakan yoga ini mengharuskan posisi tubuh menggantung di hammock. Gerakan-gerakan tersebut dapat menyehatkan tubuh, sekaligus memperbaiki ketidakseimbangan otot dan mobilitas tubuh lebih baik.

"Aerial Flow juga membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak," kata dr. R. Wishnu Hidayat, SpKO di Lotte Shopping Avenue, Jakarta baru-baru ini.

Ia menjelaskan, bahwa gerakan-gerakan yang mengharuskan tubuh terbalik, kepala di atas dan kaki di bawah membuat aliran darah yang tertahan di bawah menyebar ke atas. Ini membantu jantung dan kepala mendapatkan aliran darah dengan lebih baik.

Ditambah lagi secara umum, yoga merupakan olahraga yang berhubungan dengan pikiran dan badan. Tiap gerakannya membuat orang yang melakukan yoga tidak hanya sehat secara tubuh, melainkan melahirkan kedamaian pikiran.

"Yoga itu mempengaruhi kondisi psikis, membuat orang merasa lebih rileks dan melatih fokus juga konsentrasi," ujar pakar kesehatan olahraga ini.

Ia menjelaskan bahwa yoga akan memberikan teknik pernapasan dan gerakan-gerak yang membuat pikiran lebih tenang dan dapat menghilangkan depresi juga stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement