Senin 13 Jul 2015 12:03 WIB

Pilih Telur Ayam atau Telur Bebek?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Telur bebek (Ilustrasi)
Foto: Google
Telur bebek (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Telur adalah menu yang baik untuk memulai pagi hari Anda karena kandungan proteinnya yang tinggi dan padat gizi. Telur ayam adalah jenis paling umum menemani sarapan pagi, namun ada juga telur bebek.

Telur bebek tiga kali lebih besar kandungan nutrisinya dibandingkan telur ayam. Berikut perbandingan kandungan nutrisi kedua jenis telur ini, dilansir dari Live Strong, Senin (13/7).

Kalori dan lemak

Satu butir telur ayam mengandung sekitar 72 kalori, sedangkan sebutir telur bebek mengandung 266 kalori. Satu telur ayam mengandung 4,75 gram lemak total dengan 1,56 gram lemak jenuh. Satu butir telur bebek mengandung 19,11 gram lemak total dengan 5,1 gram lemak jenuh. Jika Anda mencoba mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh, telur ayam bisa menjadi pilihan sehat untuk Anda.

Kolesterol

Diet kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga penting untuk membatasi asupan kolesterol ke dalam tubuh. Telur adalah salah satu sumber kolesterol. Satu telur ayam mengandung 186 miligram (mg) kolesterol, sementara telur bebek 1.227 mg.

Vitamin

Kedua jenis telur, ayam dan bebek menyediakan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Sebutir telur ayam memberikan 24 mcg folat, 0,45 mcg vitamin B12, 270 unit internasional vitamin A dan 41 unit internasional vitamin D. Sebutir telur bebek mengandung 109 mcg folat, 7,34 mcg vitamin B12, 936 unit internasional vitamin A dan 95 unit internasional vitamin D.

Mineral

Telur ayam dan angsa memberikan mineral penting, yaitu fosfor. Ini adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Sebutir telur ayam menyediakan 99 mg fosfor, sementara telur bebek 300 mg. Telur ayam juga menyediakan 28 mg kalsium, 0,88 mg zat besi, 69 mg kalium dan 0,65 mg seng. Telur bebek menyediakan 86 mg kalsium, 5,24 mg zat besi, 302 mg kalium dan 1,92 mg seng.

Protein

Telur itu padat nutrisi dan protein yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Jika tubuh Anda mendapatkan cukup protein, maka lebih mudah bagi Anda untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan. Sebutir telur ayam mengandung 6,23 gram protein, sedangkan telur bebek 19,97 gram protein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement