Ahad 05 Jul 2015 07:02 WIB

Sering Lupa, Makan Ini!

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Otak (ilustrasi)
Otak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak mengatur ribuan fungsi kerja anggota tubuh lainnya. Hal ini menjadi alasan mengapa begitu penting untuk merawat otak Anda setiap hari.

Bila Anda merasa sering mengingat sesuatu, hal ini menunjukan bahwa Otak tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu perlu bagi Anda menjaga fungsi Otak agar tetap stabil.

Dilansir Womanitely, Ahad (5/7) berikut lima makanan yang dapat memperkuat kerja dan daya ingat.

Teh hijau

Para peneliti dari University of Basel telah menemukan bahwa teh hijau meningkatkan konektivitas listrik dari otak, yang membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah demensia. Teh hijau juga dapat meningkatkan memori dan konsentrasi dan mengurangi risiko penyakit Parkinson. Cobalah untuk minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau yang baru diseduh untuk meningkatkan kekuatan otak Anda.

Coklat

Coklat merupakan salah satu makanan kaya antioksidan yang baik untuk seluruh tubuh, terutama otak Anda. Konten kafein yang berperan penting dalam menjaga kewaspadaan yang ada dalam diri. Coklat juga mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Wheeling Jesuit University di West Virginia menunjukkan bahwa coklat hitam dapat meningkatkan konsentrasi, waktu respon dan recall. Untuk meningkatkan kekuatan otak Anda, tambahkan sedikit coklat hitam dalam menu sehari-hari Anda. Coklat putih dan coklat susu juga bagus untuk otak Anda.

Blueberry

Makan blueberry dapat membantu menjaga otak dan membuat ingatan Anda menjadi tajam, bahkan di usia tua. Blueberry mengandung flavonoid yang meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi kognitif lainnya. Mereka melindungi otak Anda dari radikal bebas berbahaya yang merusak jaringan sehat dan sering dikaitkan dengan kehilangan memori. Blueberry juga dapat membantu mengurangi risiko Parkinson dan penyakit Alzheimer. Dianjurkan mengonsumsi satu-setengah cangkir blueberry setiap hari.

Labu

Labu mempunyai tinggi asam folat dan vitamin B12 yang membantu mencegah penyusutan otak dan kerusakan saraf. Asam folat juga membantu meningkatkan transmisi informasi melalui sel-sel saraf dan meningkatkan memori. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Bayam

Bayam kaya akan kalium, yang membantu menjaga konduktivitas otak, meningkatkan pemikiran dan kemampuan mengingat. Bayam juga kaya antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari jenis kerusakan. Selain itu, bayam mengandung nutrisi penting seperti magnesium, folat, vitamin E, dan vitamin K yang membantu menurunkan risiko mengembangkan demensia. Tambahkan beberapa makanan yang meningkatkan otak ini untuk diet harian Anda dan jangan lupa untuk minum air putih secara cukup setiap hari karena dalam otak sekitar 85 persen berisi air. Kekurangan air memicu konsentrasi dan memori yang dapat menyebabkan penyusutan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement